Gambaran singkat masyarakat Aceh, Menurut Dr. Mohd Harun lewat
‘Memahami orang Aceh’ Kajiannya atas masyarakat Aceh dari penggalan syair hadih
maja. Melalui hadih-hadih maja yang sudah dikumpulnya bertahun-tahun, Harun
mencoba memberikan pengetahuan baru kepada kita. Bahwa hadih maja yang selama
ini terkesan sekedar jadi penambah pemanis kata bagi orang tua-orang tua
ternyata memiliki nilai filosofis yang sangat dalam, yang dapat menunjukkan
karakteristik masyarakat pemakainya: tentunya hal ini berdasarkan zaman pula.
ada lima (5) prototipe watak orang Aceh.
MILITAN
Artinya memiliki semangat juang yang tinggi, bukan hanya
dalam memperjuangkan makna hidup tetapi juga dalam mempertahankan harga diri
atau eksistensinya.
Rencong
peudeueng pusaka ayah, rudoh siwah kreh peunulang,
Nibak
udep dalam susah, bah manoe darah teungoh padang’
____
(Rencong,
pedang pusaka ayah, rudoh, siwah keris warisan.
Daripada
hidup di dalam susah, biar bermandikan padang di tengah padang)
REAKTIF
Artinya sebagai sebuah sikap awas atas harga diri yang keberadaanya
dipertaruhkan dalam konstelasi sosial budaya. Orang Aceh sangat peka terhadap
situasi sosial di sekitarnya. Orang Aceh tidak suka diusik, sebab jika
tersinggung dan menanggung malu reaksi yang timbul adalah akan dibenci dan
bahkan menimbulkan dendam.
Ureueng
Aceh hanjeut teupèh, Meunyo ka teupèh, bu leubèh han geu peutaba,
Meunyo
hana teupèh, boh krèh jeut taraba...
____
"Orang
Aceh tak boleh tersinggung perasaannya, jika sudah tersinggung nasi lebih pun
untuk kita takkan ditawarkannya. Namun sebaliknya, apapun akan mereka berikan
jika tak menyinggung perasaan mereka)
KONSISTEN
Hal ini tampak dalam sikap dan pendirian yang tidak plin
plan, tegas, taat asas apalagi jika berkaitan dengan harga diri dan kebenaran.
‘Siploh
pinto teutob, na saboh nyang teuhah’
____
Sepuluh
pintu tertutup, ada satu yang terbuka.
OPTIMIS
Hal tersebut tampak dalam melakukan suatu pekerjaan
tertentu. Orang Aceh beranggapan bahwa setiap pekerjaan yang kelihatan sulit
dan berat harus dicoba dan dilalui.
Cab
di batee labang di papeuen, lagee ka lon kheun han jeut metuka’
____
Cap
dibatu paku dipapan, seperti yg sudah saya katakan tak boleh tertukarkan
LOYAL
Hal ini amat berkaitan dengan kepercayaan. Jika seseorang,
lebih-lebih pemimpin, menghargai, mempercayai, tidak menipu, tidak mencurigai
orang Aceh maka mereka akan mebaktikan diri sepenuhnya kepada sang pemimpin.‘
Adak
lam prang pih lon srang-brang. Bah matee di blang ngon sabab gata’
____
Walau
dalam perang pun saya akan berkorban, biarlah mati dalam perang itu demi Anda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar